Instant messenger (IM) adalah bentuk komunikasi real-time berbasis teks
langsung antara dua orang atau lebih menggunakan komputer pribadi atau
perangkat lain, bersama dengan perangkat lunak klien bersama. Teks pengguna
disampaikan melalui jaringan, seperti Internet. Lebih canggih software pesan
instan klien juga memungkinkan ditingkatkan modus komunikasi, seperti suara
hidup atau panggilan video.
IM berada di bawah payung istilah online chatting, karena ini adalah
IM adalah kumpulan dari teknologi yang digunakan untuk komunikasi berbasis teks real-time antara dua atau lebih peserta melalui Internet, atau jenis jaringan. Penting adalah bahwa online chatting dan instant messaging berbeda dari teknologi lain seperti e-mail karena sinkronisitas dirasakan dari komunikasi oleh pengguna-chat yang terjadi secara real-time. Beberapa sistem mengizinkan pesan yang akan dikirim ke orang tidak saat 'login' (pesan offline), sehingga menghilangkan beberapa perbedaan antara IM dan e-mail.
IM memungkinkan komunikasi yang efektif dan efisien, sehingga penerimaan langsung dari pengakuan atau jawaban. Dalam banyak kasus instant messaging mencakup fitur-fitur tambahan yang dapat membuatnya semakin populer. Sebagai contoh, pengguna dapat melihat satu sama lain dengan Webcam menggunakan, atau berbicara langsung secara gratis melalui internet dengan menggunakan mikrofon dan headphone atau pengeras suara. Banyak program client memungkinkan transfer file juga, meskipun mereka biasanya terbatas dalam ukuran file yang diperbolehkan-.
Banyak layanan pesan instan menawarkan fitur panggilan video, Voice Over IP (VoIP) dan layanan web conferencing. Layanan Web conferencing dapat mengintegrasikan baik panggilan video dan kemampuan instant messaging. Beberapa perusahaan instant messaging juga menawarkan desktop sharing, radio IP, dan IPTV ke fitur suara dan video.
Setiap layanan IM modern pada umumnya menyediakan klien sendiri, baik secara terpisah sepotong terpasang perangkat lunak, atau klien berbasis browser. Ini biasanya hanya bekerja dengan pelayanan yang perusahaan, meskipun beberapa memungkinkan fungsi terbatas dengan layanan lainnya. Ada juga pihak ketiga aplikasi perangkat lunak klien yang akan terhubung dengan sebagian besar layanan IM utama. Adium, Digsby, Meebo, Miranda IM, Pidgin, Qnext, SAPO Messenger dan Trillian adalah beberapa yang umum.
Standar gratis aplikasi instant messaging menawarkan fungsi seperti transfer file, daftar kontak, kemampuan untuk memiliki dll simultan percakapan Ini mungkin semua fungsi yang perlu usaha kecil tapi organisasi yang lebih besar akan memerlukan aplikasi yang lebih canggih yang dapat bekerja sama. Solusi untuk menemukan aplikasi yang mampu ini adalah untuk menggunakan versi perusahaan dari aplikasi pesan instan. Ini termasuk judul seperti XMPP, Lotus Sametime, Microsoft Office Communicator, dll, yang sering terintegrasi dengan aplikasi perusahaan lainnya seperti sistem alur kerja. aplikasi enterprise ini, atau Enterprise Application Integration (EAI), dibangun untuk kendala tertentu, yaitu menyimpan data dalam format umum.
Beberapa pendekatan memungkinkan organisasi untuk membuat instan pribadi mereka sendiri jaringan pesan dengan memungkinkan mereka untuk membatasi akses ke server (sering dengan jaringan IM sepenuhnya di belakang firewall mereka) dan mengatur hak akses pengguna. Lainnya sistem pesan perusahaan memungkinkan pengguna terdaftar untuk juga dapat terhubung dari luar LAN korporasi, dengan menggunakan protokol HTTPS berbasis aman firewall-friendly. Biasanya, server IM yang didedikasikan perusahaan memiliki beberapa keunggulan seperti daftar kontak pra-penduduknya, otentikasi terintegrasi, dan keamanan yang lebih baik dan privasi.
Beberapa jaringan telah membuat perubahan untuk mencegah mereka dari yang digunakan oleh klien IM multi-jaringan tersebut. Sebagai contoh, Trillian harus merilis beberapa revisi dan patch untuk mengizinkan pengguna untuk melakukan akses ke MSN, AOL, dan Yahoo! jaringan, setelah perubahan yang dibuat untuk jaringan ini. IM utama penyedia biasanya mengutip kebutuhan akan persetujuan yang formal maupun masalah keamanan sebagai alasan untuk membuat perubahan ini.
Pesan Instan mungkin dilakukan dalam jaringan Teman-ke-teman, di mana setiap node terhubung ke teman-teman pada daftar teman-teman. Hal ini memungkinkan untuk berkomunikasi dengan teman dari teman dan untuk bangunan chatroom untuk pesan instan dengan semua teman-teman pada jaringan itu.
Namun, beberapa upaya untuk lebih akurat dengan ekspresi emosi melalui IM. Real time reaksi seperti (kekek) (tertawa terbahak-bahak) (mendengus) atau (mata-roll) menjadi lebih populer. Juga ada standar tertentu yang sedang diperkenalkan ke percakapan mainstream termasuk, '#' menunjukkan penggunaan sarkasme dalam sebuah pernyataan dan '*' yang menunjukkan kesalahan ejaan dan / atau kesalahan tata bahasa dalam pesan sebelumnya, diikuti dengan koreksi. [ 6]
Olahpesan cepat telah terbukti untuk menjadi serupa dengan komputer pribadi, e-mail, dan World Wide Web, di adopsi untuk digunakan sebagai media komunikasi bisnis didorong terutama oleh karyawan individu dengan menggunakan perangkat lunak konsumen di tempat kerja, bukan oleh mandat formal atau provisioning oleh departemen teknologi informasi perusahaan. Puluhan juta rekening konsumen IM penggunaannya digunakan untuk tujuan bisnis dengan karyawan perusahaan dan organisasi lain.
Penerapan IM di seluruh jaringan perusahaan di luar kendali organisasi TI menciptakan risiko dan kewajiban bagi perusahaan yang tidak efektif mengelola dan dukungan menggunakan IM. Perusahaan menerapkan khusus produk IM pengarsipan dan keamanan dan jasa untuk mengurangi risiko ini dan memberikan aman, aman, kemampuan produktif pesan instan kepada karyawan mereka. Produk IM biasanya dapat dikategorikan menjadi dua jenis: Enterprise Instant Messaging (Eim) dan Konsumen Instant Messaging (MIK) solusi Enterprise menggunakan server IM internal, namun hal ini tidak selalu layak, terutama untuk usaha kecil. dengan anggaran terbatas. Opsi kedua, menggunakan CIM memberikan keuntungan karena murah untuk menerapkan dan memiliki sedikit kebutuhan untuk investasi dalam perangkat keras atau perangkat lunak baru server.
Untuk enkripsi menggunakan perusahaan dan pengarsipan percakapan biasanya dianggap sebagai fitur penting karena masalah keamanan. Kadang-kadang penggunaan sistem operasi yang berbeda dalam organisasi panggilan untuk penggunaan perangkat lunak yang mendukung lebih dari satu platform. Sebagai contoh perusahaan perangkat lunak banyak menggunakan Windows XP di departemen administrasi tetapi pengembang perangkat lunak yang menggunakan Linux.
Meskipun pesan instan memberikan banyak manfaat, tetapi juga disertai dengan resiko dan kewajiban tertentu, terutama bila digunakan di tempat kerja. Di antara risiko dan kewajiban:
* Keamanan risiko (misalnya IM digunakan untuk menginfeksi komputer dengan spyware, virus, trojan, worm)
* Kepatuhan risiko
* Tidak tepat digunakan
* Perdagangan kebocoran rahasia
Kerupuk (jahat "hacker" atau hitam topi hacker) secara konsisten menggunakan jaringan IM sebagai vektor untuk memberikan upaya phishing, "racun URL", dan lampiran file virus-sarat dari tahun 2004 sampai sekarang, dengan lebih dari 1100 serangan diskrit terdaftar oleh Keamanan IM Pusat pada 2004-2007. Hacker menggunakan dua metode penyampaian kode berbahaya melalui IM: pengiriman virus, kuda trojan, atau spyware dalam suatu file yang terinfeksi, dan penggunaan teks "rekayasa sosial" dengan alamat web yang membujuk penerima untuk klik pada URL menghubungkan dia atau dia ke situs Web yang kemudian download kode berbahaya. Virus, worm komputer, dan trojan biasanya merambat dengan mengirimkan sendiri dengan cepat melalui daftar teman pengguna yang terinfeksi. Sebuah serangan yang efektif menggunakan URL keracunan bisa mencapai puluhan ribu orang dalam waktu singkat ketika daftar teman setiap orang menerima pesan muncul untuk menjadi dari seorang teman terpercaya. Penerima klik pada alamat web, dan seluruh siklus dimulai lagi. Infeksi bisa berkisar dari gangguan bagi pidana, dan menjadi lebih canggih setiap tahun.
koneksi IM biasanya berlangsung dalam teks biasa, membuat mereka rentan terhadap eavesdropping. Selain itu, perangkat lunak klien IM sering membutuhkan pengguna untuk mengekspos membuka port UDP ke dunia, meningkatkan kerentanan ancaman keamanan potensial.
Selain ancaman kode berbahaya, penggunaan instant messaging di tempat kerja juga menimbulkan risiko non-kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang mengatur penggunaan komunikasi elektronik dalam bisnis. Di Amerika Serikat saja ada lebih dari 10.000 hukum dan peraturan yang terkait dengan olahpesan elektronik dan catatan retensi. Semakin baik terkenal di antaranya adalah Sarbanes-Oxley Act, HIPAA, dan SEC 17a-3. Klarifikasi dari Industri Keuangan Regulatory Authority ("FINRA") yang dikeluarkan untuk perusahaan-perusahaan anggota dalam industri jasa keuangan pada bulan Desember, 2007, mencatat bahwa "komunikasi elektronik", "email", dan "korespondensi elektronik" dapat digunakan secara bergantian dan dapat termasuk bentuk-bentuk pesan elektronik sebagai pesan instan dan pesan teks Perubahan Aturan Federal Sipil Prosedur, efektif 1 Desember 2006,. menciptakan sebuah kategori baru untuk catatan elektronik yang mungkin diminta selama penemuan dalam proses hukum. Sebagian besar negara di seluruh dunia juga mengatur penggunaan pesan elektronik dan elektronik retensi catatan dalam cara yang sama ke Amerika Serikat. Peraturan yang paling umum yang berhubungan dengan IM di tempat kerja melibatkan kebutuhan untuk menghasilkan komunikasi bisnis diarsipkan untuk memenuhi permintaan pemerintah atau pengadilan di bawah hukum. Banyak komunikasi pesan instan jatuh ke dalam kategori komunikasi bisnis yang harus diarsipkan dan diambil.
Organisasi dari semua jenis harus melindungi diri dari penggunaan yang tidak tepat kewajiban karyawan mereka 'dari IM. Sifat informal, langsung, dan nyata anonim instant messaging membuatnya menjadi calon untuk pelecehan di tempat kerja. Topik menggunakan IM yang tidak tepat menjadi berita halaman depan pada bulan Oktober 2006 ketika Kongres AS Mark Foley mengundurkan diri kursinya setelah mengakui mengirimkan pesan instan ofensif yang bersifat seksual di bawah umur mantan halaman Rumah dari PC kantor Kongres nya. Mark Foley Scandal menyebabkan artikel koran dan liputan media mainstream peringatan risiko penggunaan IM tidak pantas di tempat kerja. Di sebagian besar negara, perusahaan memiliki tanggung jawab hukum untuk memastikan lingkungan kerja yang bebas dari pelecehan bagi karyawan. Penggunaan komputer milik perusahaan, jaringan, dan software untuk melecehkan seseorang atau menyebarkan lelucon yang tidak pantas atau bahasa menciptakan kewajiban untuk tidak hanya pelaku tetapi juga majikan. Sebuah survei yang dilakukan oleh pengarsipan IM dan keamanan penyedia Akonix Systems, Inc Maret 2007 menunjukkan bahwa 31% responden telah dilecehkan melalui IM di tempat kerja. Perusahaan sekarang termasuk pesan instan sebagai komponen integral dari kebijakan mereka pada penggunaan yang tepat dari World Wide Web, e-mail, dan aset perusahaan lainnya.
Pada awal 2000-an, suatu kelas baru TI penyelenggara jaminan muncul untuk memberikan solusi bagi risiko dan kewajiban yang dihadapi oleh perusahaan yang memilih untuk menggunakan IM untuk komunikasi bisnis. Petugas keamanan IM menciptakan produk baru yang akan diinstal dalam jaringan perusahaan untuk tujuan pengarsipan, konten-scanning, dan keamanan lalu lintas IM pemindaian bergerak masuk dan keluar dari perusahaan. Serupa dengan e-mail filtering vendor, penyedia keamanan IM fokus pada risiko dan kewajiban yang dijelaskan di atas.
Dengan adopsi yang cepat dari IM di tempat kerja, permintaan produk keamanan IM mulai tumbuh pada pertengahan tahun 2000-an. Pada tahun 2007, platform pilihan untuk pembelian perangkat lunak keamanan telah menjadi "komputer alat", menurut IDC, yang memperkirakan bahwa pada tahun 2008, 80% produk keamanan jaringan akan dikirimkan melalui sebuah alat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar